Categories
Berita

10 Kebiasaan Buruk yang Dilakukan Sebelum Tidur

VIVA – Kalau sudah malam waktunya terbaring ya tidur. Jangan lakukan kegiatan lain yang mampu membuat jam tidur terhambat dan sulit tidur. Kenyataannya, banyak orang yang melaksanakan banyak hal sebelum rebah.

VIVA   –  Kalau sudah suangi waktunya tidur ya rebah. Jangan lakukan kegiatan lain yang bisa membuat tanda tidur terganggu dan sulit tidur. Kenyataannya, banyak orang yang melakukan banyak peristiwa sebelum tidur.

Jelas saja waktu rebah akan terpengaruh karena adanya kegiatan yang harus dilakukan. Jika hanya sekali ataupun dua kali dilakukan, tidak masalah, tapi ini dilakukan berkali-kali hingga menjadi rasam. Dan kalau sudah begitu dampaknya akan buruk untuk kesehatan.

Ini lah dia serangkaian kebiasaan dengan sering orang lakukan sebelum tidur sehingga membuat tanda tidur berkurang dan tidur tak berkualitas.

10. Menonton Film atau Mendengarkan Lagak

Paling sip menonton film atau menggubris lagu itu di malam hari. Di saat sesudah seharian lelah bekerja atau sekolah, malam menjadi lengah satu momen dimana kita bisa menikmati “me time” dengan menonton film atau mendengarkan lagu yang diinginkan. Mendengarkan lagu atau menonton film memang seru makin bisa membuat orang jadi lupa waktu.

Awalnya yang hanya mau menonton satu atau besar, secara tak sadar bahkan sudah banyak film yang ditonton hingga lewat masa istirahat. Pastinya di jarang kalian ada yang sudah melakukan hal ini. Menetapkan diingatkan bahwa jangan datang kalian menyia-nyiakan waktu rebah kalian untuk kesenangan dengan hanya sesaat. Ingat kalau masih ada hari belakang dimana kalian harus kembali beraktivitas seperti normal.

9. Tidur Siang Terlalu Lama

Banyak spesialis kesehatan menjelaskan tentang betapa pentingnya tidur siang. Rebah yang dilakukan saat terang hari dengan waktu dengan singkat cukup untuk kurang membuat tubuh dan sektarian rileks. Barulah setelah tersebut melanjutkan kembali aktivitas dengan tertunda karena tidur. Peduli bahwa tidur siang dengan dilakukan hanya hitungan pendek, sekitar 30-60 menit.

Kalau sampai kalian melampaui waktu maksimal rebah siang, kalian justru mampu membuat malam menjadi anyar. Itu karena kalian telah menghabiskan waktu siang kalian untuk tidur. Jadi, tubuh melakukan recovery tenaga di siang hari sehingga malam membuat kita jadi segar dan susah tidur. Atur waktu dan durasi terbaring siang kalian agar malam tetap bisa tidur pas waktu.

8. Overthinking

Pokok untuk bisa tidur segera adalah dengan membuat awak serta pikiran rileks. Awak sudah rileks tapi kalau pikiran masih belum, oleh karena itu sulit untuk bisa terbaring dengan cepat. Mungkin kalian yang mengalami masalah tidur atau insomnia dikarenakan pra tidur kalian terlalu banyak berpikir atau overthinking entah apa yang dipikirkan.

Supaya tubuh cepat tidur dan bisa menyelenggarakan recovery, buang semua sektarian tak penting yang mampu menganggu waktu tidur. Kosongkan pikiran dan mulai bubar. Kalau memang ada yang musti dipikirkan, pikirkan sebab jauh sebelum waktu terbaring. Kalau sudah waktunya rebah, jangan penuhi pikiran dengan bisa membuat susah rebah.