Categories
Berita

10 Tips Jitu Hadapi Anak dengan Susah Makan

VIVA – Memiliki anak yang susah makan memang merepotkan. Meski karakter tua sudah menyediakan makanan dengan bergizi, belum tentu anak rajin dan mau memakannya. Hal ini terkadang membuat beberapa orang tua menjadi pusing, stres, dan makin marah pada anak.

VIVA   –  Memiliki anak yang susah makan memang merepotkan. Meski orang tua sudah menyimpan makanan yang bergizi, belum tentu anak suka dan mau memakannya. Hal ini terkadang membuat kaum orang tua menjadi pusing, tekanan, dan bahkan marah pada anak.

Memiliki anak secara masalah susah makan memang menetapkan pendekatan yang berbeda. Orang primitif tidak bisa menggunakan paksaan dan hukuman untuk membuat anak setia. Ada beberapa tips yang mampu digunakan untuk mengakali anak yang susah makan. Dibawah ini tipsnya.

10. Perkenalkan Makanan Sejak Dini

Ketika anak membenci atau enggan makan makanan yang sudah disiapkan, ada beberapa penyebab. Bisa sebab orang tua mengolahnya dengan salah sehingga bentuk dan rasanya tak enak. Atau bisa juga karena orang tua tidak mengenalkan sasaran tersebut sedari dini. Hasilnya kala anak dewasa, anak memiliki sasaran yang dibenci.

Sebelum anak membenci suatu makanan, wali harus mengenalkannya sedari dini. Malah di saat inilah anak paling mudah untuk diberi makanan. Kenalkan semua makanan pada anak sebanyak yang kalian tahu. Ditambah dengan pengolahannya yang benar, kecil peluang anak bisa memiliki makanan dengan dibenci.

9. Buat Tampilan Menarik

Punya anak yang pelik untuk diajak makan memang merepotkan. Perlu diingat bahwa anak sedang kecil, sudah tidak zamannya teristimewa mengomeli dan menggunakan pemaksaan pada anak. Menggunakan emosi dan tuntutan malah akan membuat anak semakin benci terhadap makanan dan pula orang tua. Kalau pun mereka mau makan, makan pun tak dengan perasaan senang.

Untuk mengakali tersebut, orang sampai umur harus pintar memutar otak dan mencari cara agar anak bersetuju disuguhi makanan yang disediakan. Plating atau penampilan makanan yang menjadikan adalah salah satu caranya. Siapa bilang hanya orang dewasa sekadar yang mementingkan penampilan makanan. Biar masih kecil, anak-anak juga mampu menilai apakah makanan yang dihidangkan itu menarik atau tidak. Jika penampilan, bentuk, dan warnanya menarik, itu bisa menambah nafsu sajian si anak.

8. Hindari Makanan Manis dan Snack

Ketika anaknya pelik untuk makan, ada wali dengan mengakalinya dengan memberikan snack ataupun makanan yang manis. Setidaknya kalau tidak mau makan makanan A, mereka mau makan makanan dengan lain sehingga perut mereka terisi dan tidak sakit perut. Cara yang dilakukan ini ternyata bukanlah cara yang tepat.

Untuk membuat anak mau makan, hindari memberikan makanan manis dan snack yang mereka suka. Barangkali bisa membuat anak senang, tapi makanan manis dan snack itu bukanlah makanan yang menyehatkan & bisa membuat mereka ketergantungan. Kalau memang sudah menjelang jam mamah, berikanlah makanan yang memang seharusnya mereka makan. Jangan merayu bujang dengan memberikan mereka snack pra makan. Kemungkinan besar mereka malah jadi malas makan.

7. Variasi Makanan