Categories
Berita

5 Ide Bisnis Paling Jitu saat Pandemi

VIVA – Pandemi Covid-19 di Indonesia berjalan hampir utama tahun, kondisi saat ini tidak hanya masih banyak masyarakat dengan terpapar Covid 19, tapi selalu kondisi perekonomian masih tidak stabil. Karena imbas dari pandemi itu banyak pekerja yang dirumahkan, perolehan yang hanya dibayarkan separuh, tengah bagi pelaku bisnis banyak dengan mengalami penurunan penjualan secara dratis.

VIVA   –  Pandemi Covid-19 pada Indonesia berjalan hampir satu tahun, kondisi saat ini tidak cuma masih banyak masyarakat yang terpapar Covid 19, tapi juga iklim perekonomian masih tidak stabil. Sebab imbas dari pandemi ini penuh pekerja yang dirumahkan, gaji dengan hanya dibayarkan separuh, sementara bagi pelaku bisnis banyak yang merasai penurunan penjualan secara dratis.

Secara garis besar ekonomi masyarakat mengalami krisis. Tentu sekadar menghadapi ekonomi seperti ini tak boleh pasrah atau menyerah, terlebih kondisi pandemi belum tahu hendak berakhir kapan. Sementara roda kehidupan terus berjalan, meski kegiatan era ini banyak dilakukan di sendi, namun kebutuhan sehari-hari, pembayaran madrasah, pembayaran ini-itu, termasuk budget buat menjalankan pola hidup sehat selama pandemi.

Seperti suplemen, perlengkapan kesehatan masker, handsanitizer, serta lain-lain, membutuhkan pengeluaran yang tidak sedikit. Untuk itu dibutuhkan inisiatif bisnis agar bisa tetap survive di masa ini. Bisnis yang bisa tetap berjalan meski iklim ekonomi sedang tidak stabil, dan daya beli masyarakat tidak sekuat dulu. Bisnis tersebut merupakan keinginan prioritas yang sedang dicari atau dibutuhkan di masa pandemi. Sehingga masyarakat akan tetap membeli, atau menyisihkan budget meskipun kondisi ekonominya tidak stabil.

Membaca kebutuhan pasar ketika akan berbisnis ini memang sangat penting, agar bisnis yang kita jalankan tidak sia-sia, dan mampu berkembang menjadi penghasilan tambahan ataupun bahkan menjadi penghasilan utama. Banyak loh, pelaku bisnis baru dengan mendulang sukses di saat pandemi ini, karena bisnis yang dijalankan memang produk yang dibutuhkan kelompok.

Bisnis Paling Jitu Saat Pandemi Covid 19

Dikutip dari berbagai cerita pelaku bisnis yang zaman ini baru mengembangkan usahanya, dan dari berbagai sumber pelaku usaha yang mendulang keuntungan meski di saat pandemi, saya coba tulis di sini ide-ide bisnis itu. Semoga bisa menjadi ide usaha yang Anda coba saat pandemi ini:

1.   Bisnis Perlengkapan Kesehatan Covid 19 , karena kondisi pandemi tentu saja saat ini logistik kesehatan Covid 19 menjadi kebutuhan prioritas. Pasti akan dibeli walaupun untuk daya beli produk asing masyarakat akan mengencangkan ikat pinggang, tapi untuk produk perlengakapan kesehatan saat pandemi wajib dibeli. Diantaranya    hand sanitizer, face shield, sabun cair antiseptik, dan asing sebagainya.

2.   Bisnis Masker , masa pandemi tidak memakai masker bagai tidak memakai pakaian. Selain menjelma sorotan orang banyak saat berada pada area publik, kita seperti kena sangsi masyarakat apabila tidak menggunakan masker. Terutama tentu saja mengindahkan masker untuk keamanan dari landasan Covid 19, jadi sudah nyata bisnis masker meski banyak pesaing, akan tetap memiliki pembeli. Terutama jika bisa menjual masker secara design yang unik atau menjadikan, sebab masker kini sudah    menjadi bagian dari new busana.

3.   Bisnis Suplemen Kesehatan atau Herbal , selain perlengkapan kesehatan, suplemen atau herbal untuk imunitas era ini juga menjadi kebutuhan preferensi masyarakat. Karena Covid 19 hanya bisa dilawan dengan kondisi tubuh yang memiliki imunitas tinggi. Penuh masyarakat yang sukses menjual suplemen kesehatan, termasuk membuat ramuan herbal untuk imunitas tubuh    serta menjualnya, seperti sari kunyit, sari jahe yang diolah dengan madu, habatusaudah, dan lain sebagainya.

4.   Bisnis Kuliner Matang atau Frozen ,     masa pandemi itu banyak masyarakat yang terbatas buat makan di luar, bisa oleh sebab itu mereka jenuh dengan masakan tunggal. Atau masyarakat yang terpapar Cocid 19 melakukan insolasi mandiri, menjelma tergantung dengan makanan yang jadi disantap dan mudah diolah. Maka pilihan untuk membeli makanan sampai atau frozen menjadi sangat tepat, otomatis bisnis di bidang tersebut akan memiliki segmen pembeli yang cukup banyak.

5.   Bisnis Tanaman Hias , seluruh masyarakat sepertinya medium demam tanaman hias, karena buah di rumah saja membuat jenuh. Kegiatan  shopping tanaman dan memendam di rumah menjadi kegiatan yang menyenangkan, membuat hati lebih relaks juga. Imbas dari ini tumbuhan hias jadi naik kelas, yang semula harganya murah jadi mempunyai nilai jual tersendiri seperti keladi. Maka bisnis tanaman hias ini otomatis akan menjanjikan sekali, terlebih sekarang jenis tanaman hias tertentu sampai memiliki harga puluhan juta.

Karena era digital dan pandemi, bisnis-bisnis tersebut akan lebih berkembang atau mencapai rekan yang lebih luas, jika dipasarkan juga melalui online. Sudah penuh media online yang disediakan untuk bisnis, masyarakat pun    saat ini lebih nyaman belanja  secara oline. Karena praktis dan aman, cukup    window shopping  dari rumah, barang diantara dengan manis oleh kurir.

Apalagi sekarang ada  aplikasi kasir  yang memudahkan pelaku bisnis online mencatat semua hal yang perkara dengan kegiatan bisnis online itu, mulai dari data produk, stock, transaksi, sehingga pelaku bisnis online akan mengetahui keluar masuk buatan yang dijualnya. Dari sini bisa memprediksi produk mana yang diminati masyarakat, dan produk mana dengan kurang diminati.

Terlebih jika bisnis online yang dikelola mengalami perkembangan yang pesat, & bisa membuka lapangan bekerjaan nama lain punya karyawan. Aplikasi kasir itu juga bisa mengelola data karyawan,     impian menjadi pengusaha sukses bukan mustahil akan bisa diwujudkan. Yang terpenting kita jangan ragu-ragu untuk memulainya, dan berputus asa dengan kondisi pandemi saat ini. Setiap kondisi pasti hendak memiliki jalan keluar, asal kita mau membuka wawasan dan mencari jalan.

BACA SUMBER SAH