Categories
Berita

Awak Negara Asing Tak Perlu Kerjakan Ini saat Datang ke Indonesia

VIVA – Aturan validasi IMEI sudah mulai dijalankan pada 18 April 2020 kemarin. Salah satu yang banyak ditanyakan dari regulasi itu adalah, bagaimana nasib ponsel yang dibawa ataupun dibeli dari luar negeri?

VIVA   –  Aturan validasi IMEI sudah mulai dijalankan pada 18 April 2020 kemarin. Salah satu dengan banyak ditanyakan dari regulasi tersebut adalah, bagaimana nasib ponsel yang dibawa atau dibeli dari luar negeri?

Lewat akun Twitter resminya, Direktorat Jenderal Beban dan Cukai Kementerian Keuangan MENODAI membeberkan cara bagi warga Nusantara yang membawa perangkat dari sungguh negeri. Perangkat seluler itu diharuskan wajib registrasi IMEI terlebih dahulu, dan diverifikasi oleh petugas Imbalan Cukai.

“Untuk menghindari pemblokiran, mulai  18 April perangkat seluler dari luar negeri saat kedatangannya wajib registrasi IMEI terlebih dahulu dan diverifikasi oleh petugas Bea Cukai, ” dikutip daripada akun @beacukaiRI , Senin  20 April 2020.

Akun itu juga menyampaikan, registrasi IMEI  aci bagi orang yang membeli ponsel dari luar negeri mulai 18 April 2020 kemarin.

Cara registrasinya, yakni  mengunduh permintaan Mobile Beacukai atau kunjungi laman  www.beacukai.go.id. Akan ada formulir yang harus diisi, yaitu data muncul serta data barang.

Kemudian, kamu akan mendapatkan QR Code dan Registration ID . Datang ke pemeriksaan Beban Cukai, lakukan pemindaian QR Code dan mendapatkan persetujuan dari pejabat Dana Cukai.

Aturan registrasi ini tidak valid bagi turis asing yang hadir ke Indonesia, dan perangkatnya menggunakan kartu  SIM a sing. Jika ingin menggunakan kartu SIM  Indonesia, mereka bisa menyelenggarakan pendaftaran di gerai operator seluler untuk mendapatkan akses selama 90 hari.

Lihat Pula

“Sebagai tambahan yang wajib diregistrasi adalah perangkat baru dari luar daerah serta perangkat serupa yang bagi tanggal 18 April 2020 belum di registrasi atau belum sudah menggunakan jaringan telekomunikasi Indonesia, ” jelas pihak Bea Cukai.

Salah satu warganet dalam kolom Reply cuitan tersebut menanyakan, apakah ada biaya untuk Registrasi IMEI. Pihak Bea Cukai menyatakan, bila tidak dikenakan biaya.

“Tidak dikenakan biaya di Bea Cukai namun untuk barang kirimam/bawaan penumpang berlaku ketentuan tentang memasukkan ya kak, ” jawab pihak Bea Cukai.