Categories
Berita

Ini lah Hukum Pria Potong Rambut Ideal Mohawk dalam Islam

VIVA – Seiring perkembangan masa, tentunya banyak hal yang dilakukan oleh manusia demi sebuah gaya, popularitas dan lain sebagainya. Bagaikan halnya masalah model rambut, pada mana banyak saat ini itu memotong rambut mereka dengan model yang tentunya bertententangan dengan ajaran islam. Potongan yang bagaimana tersebut? Simak penjelasannya dibawah ini.

VIVA   –  Seiring perkembangan zaman, tentunya banyak kejadian yang dilakukan oleh manusia perlu sebuah gaya, popularitas dan lain sebagainya. Seperti halnya masalah ideal rambut, di mana banyak era ini mereka memotong rambut mereka dengan gaya yang tentunya bertententangan dengan ajaran islam. Potongan yang bagaimana itu?   Simak penjelasannya dibawah ini.

Pernah melihat potongan rambut model Mohawk atau yang mirip, sejenisnya?. Ternyata dalam Islam hal ini disebut qaza’ dan hukumnya makruh. Dengan dimaksud qaza’ adalah menggundul sebagian rambut kepala (sebagian rambut kepala habis) dan membiarkan rambut yang lain.

Ini sama persis dengan potongan rambut model mohawk seperti saat ini. Yang memprihatinkan, anak-anak muda muslim mengikuti penampilan model mohawk. Bagaimanakah hukum bulu qaza’ dan potongan rambut ideal mohawk sebenarnya?

Dikutip nasihat dari Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal menyebutkan kita perlu paham terlebih dahulu barang apa itu qaza’. Sebagaimana diterangkan oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin rahimahullah, qaza’ adalah menggundul (mencukur habis) sebagian rambut besar dan membiarkan sebagian rambut yang lain.

Di sini ada beberapa model: Dari laman Rumasyo disebutkan mencukur habis secara berurutan, yaitu mencukur bagian samping kanan, lalu bagian samping kiri, periode depan kepala dan tengkuknya. Menghabisi habis bagian tengah dan mendiamkan bagian sampingnya. Mencukur bagian sampingnya lalu membiarkan bagian tengahnya.