Categories
Berita

Tersedia Surat Cinta dari Kominfo Dikirim ke Ponsel Kamu

VIVA – Ada surat cinta lantaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dikirim ke ponsel pengguna. Artinya, selama dua minggu ke ajaran, masyarakat akan mendapatkan notifikasi serta pemberitahuan mengetahui status IMEI (International Mobile Equipment Identity) perangkat HKT (Handphone, Komputer genggam, dan Tablet).

VIVA   –  Ada surat cinta daripada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dikirim ke ponsel pengguna. Berarti, selama dua minggu ke depan, masyarakat akan mendapatkan notifikasi dan pemberitahuan mengetahui status IMEI ( International Mobile Equipment Identity ) perangkat HKT (Handphone, Komputer genggam, dan Tablet).

Pengaturan validasi IMEI sudah mulai dilaksanakan 18 April awut-awutan. Tim VIVA Digital , Selasa, 21 April 2020, baru saja mendapatkan SMS pemberitahuan soal status IMEI perangkat dengan digunakan. Pesan tersebut dikirimkan sebab Kominfo.

“IMEI handphone/perangkat yang anda gunakan telah tercatat pada sistem kami. Jangan kacau dan tetap #dirumahaja, ” tulis pesan tersebut. SMS tersebut pula menyertakan tautan yang membawa ke laman press release soal petunjuk pengendalian IMEI. Rilis tersebut dikeluarkan pada 18 April kemarin.

Salah utama informasi yang ada dalam rilis tersebut adalah adanya pemberitahuan status IMEI perangkat kepada masyarakat. SMS tersebut akan dikirimkan secara bertahap.

Saat dihubungi VIVA beberapa waktu morat-marit, Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo, Ismail mengatakan notifikasi ditunjukkan agar asosiasi yakin perangkat yang digunakan IMEI-nya tidak bermasalah. Aturan tersebut diputuskan berlaku ke depan. Artinya hanya berlaku pada perangkat yang rajin setelah 18 April.

Lihat Juga

“Perangkat yang sudah aktif sebelum masa berlaku 18 April 2020 akan tetap dapat tersambung ke jaringan bergerak seluler sampai perangkat tersebut tidak ingin dimanfaatkan lagi atau telah rusak, ” kata Ismail.

Tidak lupa ia mengingatkan masyarakat yang membeli perangkat HKT secara offline setelah 18 April untuk membenarkan perangkat memiliki IMEI yang sempurna, serta produk tersebut bisa diaktifkan menggunakan SIM Card sebelum melangsungkan pembayaran.

Mengutip kedudukan Kominfo, sesuai Peraturan Menkominfo No 1/2020 tentang Pengendalian Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang Tersambung ke Jaringan Bergerak Seluler melalui Identifikasi IMEI, perangkat yang tidak memenuhi syarat atau ilegal akan dibatasi tersambung ke jaringan bergerak seluler.

Aturan validasi IMEI atau blokir perangkat, termasuk hp, ilegal menerapkan skema whitelist, yakni dilakukan secara preventif agar masyarakat tahu lebih dahulu legalitas hp yang akan dibeli.

Lihat juga info berikut Data HK