Categories
Berita

X-Craft, Kapal Selam Siluman Punya Negara yang Pernah Dibantu Soekarno

VIVA – X-Craft, kapal selam siluman punya negara yang pernah dibantu Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno. Ya, X-Craft adalah kapal selam milik Angkatan Laut (AL) Pakistan, yang digunakan oleh Special Service Group Navy (SSGN) atau Pasukan Khusus AL negara pecahan India tersebut untuk operasi militer tingkat tinggi.

VIVA   –  X-Craft, kapal selam siluman punya negara yang pernah dibantu Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno. Ya, X-Craft adalah kapal selam milik Angkatan Laut (AL) Pakistan, yang digunakan oleh Special Service Group Navy (SSGN) atau Pasukan Khusus AL negara pecahan India tersebut untuk operasi militer tingkat tinggi.

Pakistan diketahui memiliki sejarah yang baik dengan Indonesia. Tepatnya, ketika terjadi Perang India-Pakistan pada 1965. Kala itu, Presiden Soekarno mengirim armada kapal selam milik Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI, sekarang TNI AL) untuk membantu AL Pakistan dalam memerangi India.

Kembali ke X-Craft. Seluk-beluk kapal selam ini masih rahasia. Namun bukan berarti tidak bisa diketahui spesifikasinya. Mengutip situs Intnewslive , Selasa, 21 April 2020, X-Craft adalah kapal selam mini yang diperuntukkan mengangkut personel SSGN. Ukurannya sekitar 55 kaki dengan lebar 7 hingga 8 kaki.

Kapal selam X-Craft, yang bermarkas di Pangkalan Angkatan Laut Khusus di Karachi, tersebut dibeli dua unit dari Italia. Kalau di Amerika (AS), X-Craft setara dengan Dry Combat Submersible (DCS) yang dimiliki Navy SEAL.

Lalu, kategori kapal selam yang disebut X-Craft ini didapat dari pabrikan Italia Cos. Mo. S, atau biasa ditulis Cosmos. Kendati demikian, kapal selam ini dimaksudkan untuk menggantikan X-Craft yang lama. Seperti diketahui, AL Pakistan mengoperasikan tiga unit MG-110 X-Craft yang dibangun secara lokal antara 1993 dan 1996.

Lihat Juga

Lantaran semua perangkat mereka semakin tua sehingga harus diganti karena tidak sesuai dengan teknologi terkini. Tapi ada masalah lain. Pabrikan Italia yang merancang X-Craft, Cosmos, hancur 20 tahun silam. Pakistan lalu memutuskan desain X-Craft dilanjutkan oleh pabrikan Italia Drass.

Mereka menawarkan serangkaian X-Craft modern yang diklaim ideal untuk Pakistan. Sementara itu, mengutip situs Defence. pk , bodi dari kapal selam misterius ini tampaknya bukan desain Drass. Hal itu karena desain Drass terkecil yang terungkap secara publik adalah DG-85, yang sedikit lebih besar dari kapal yang terlihat di Pakistan.

Analis pertahanan menduga bahwa X-Craft tersebut adalah buatan dalam negeri. Salah satu petunjuknya terkait dengan pernyataan dalam buku tahunan Peta Jalan Angkatan Bersenjata Pakistan 2015-2016, di mana kapal selam itu terdaftar sebagai ‘Kapal selam 01 buatan dalam negeri’ sebagai target untuk 2016-2017.

Meski begitu, rumor lain bermunculan. Ada laporan bahwa Pakistan menggandeng perusahaan Turki STM untuk mengembangkan kapal selam mini. Kemungkinan lainnya yaitu kemitraan Turki akan fokus pada chariots (kendaraan tempur) yang lebih kecil mirip dengan SDV milik Navy SEAL. Chariots milik AL Pakistan ini bisa diangkut oleh X-Craft yang lebih besar.